Opera 11 Diluncurkan

Posted: December 17, 2010 in Teknologi
Tags: , ,

Opera menghadirkan fitur tab stacking sebagai fitur unggulan di browser barunya.

Opera baru saja merilis Browser Opera terbaru untuk pengguna komputer desktop, yakni Opera 11.  Browser anyar ini memiliki beberapa fitur yang diandalkan. Namun fitur yang paling unik dari Opera 11 adalah dengan fitur tab stacking, di mana pengguna bisa membuka tab sebanyak-banyaknya tanpa membuat sebuah jendela browser menjadi terlihat berantakan.

Tab-tab tadi bisa ditumpuk dalam satu kelompok sehingga satu jendela browser bisa terlihat lebih rapi dan lebih mudah diatur. Tab stacking adalah fitur pengembangan yang dibuat oleh Opera dalam hal tab management, sebagaimana Mozilla dengan fitur Panorama pada Mozilla Firefox teranyarnya.

Selain tab stacking, Opera 11 juga menyediakan fitur ekstensi dan mouse gesture. Saat ini sudah ada lebih dari 200 ekstensi di Opera 11. Beberapa ekstensi populer antara lain ekstensi pemblokir iklan NoAds, ekstensi pengunduh YouTube fastesttube, dan ekstensi pengelola password LastPass.

Sementara fitur mouse gesture memungkinkan pengguna melakukan navigasi dengan shortcut tetikus. Misalnya saja saat hendak kembali ke halaman terdahulu, pengguna cukup menahan klik kanan tetikus lalu menggerakkannya ke kiri lalu melepaskan tombol tetikus yang ditekan.

Walaupun dibantah oleh pendirinya, Jon von Tetzchner, namun, dari sisi tampilannya Opera 11 ini sangat mirip dengan tampilan Google Chrome. Hanya saja Opera masih mempertahankan satu tombol menu scroll di sebelah pojok kiri atas yang menyediakan berbagai fitur lama Opera.

Opera 11 juga menambahkan fungsi search pada bar alamat, seperti halnya pada Chrome. Bagi pengguna yang lebih suka dengan tampilan lama Opera, bisa menghadirkan tampilan lama itu dengan mengeklik Show Menu Bar pada menu scroll.

Browser Opera baru ini memiliki ukuran yang 30 persen lebih kecil dari Opera 10.60. Walapun, Opera 11 rasanya memang belum secepat Chrome, namun versi Opera kali ini sepertinya merupakan kompromi antara simplisitas ala Chrome, tanpa mengabaikan berbagai fitur-fitur inovatif  yang bermanfaat.

by: http://teknologi.vivanews.com/news/read/194413-opera-11-diluncurkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s