Instalasi J2ME

Posted: October 3, 2011 in Informatika, Java
Tags: , ,

Kemarin sempat bingung waktu ditugaskan oleh pak dosen membuat aplikasi hello world di J2ME. Wah, padahal selama kuliah belum pernah membuat aplikasi seperti itu, hanya mendengar namanya saja. Bahkan maksudnya pun tak tau apa itu J2ME. Setelah memilah dan memilih (emang orang belanja??? (-.-“!) hehehe…) akhirnya saya sedikit paham pengertian J2ME.

J2ME adalah sebuah kombilasi yang terbentuk dari sekumpulan interface Java yang sering disebut dengan Java API (Application Programming Interface) dengan JVM (Java Virtual Machine) yang di desain khusus untuk alat, yaitu JVM dengan ruang ruang yang terbatas. Kombinasi tersebut selanjutnya ginunakan untuk melakukan pembuatan aplikasi-aplikasi yang dapat berjalan diatas alat (dalam hal ini mobile device).

Sebelum memulai menuliskan source code, kita perlu mengetahui terlebih dulu apa saja yang diperlukan dalam melakukan pekerjaan tersebut, diantaranya:

  • Instal software J2SE SDK
    Untuk membangun MIDlet kita membutuhkan J2SE SDK. Mengapa kita membutuhkannya? alasannya karena  J2SE SDK menyediakan platform yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan J2ME Wireless Toolkit. Alasan kedua, karena J2SE SDK memiliki kompiler (Java Compiler) untuk melakukan kompilasi terhadap projek-projek aplikasi yang kita buat dalam J2ME.
  • Install software J2ME Wireless Toolkit
    Langkah selanjutnya yaitu kita menginstal J2ME Wireless Toolkit yaitu sekumpulan alat bantu yang dogunakan untuk membangun dan mencoba jalannya aplikasi-aplikasi MIDP. Untuk memudahkan, kita dapat menganggap J2ME Wireless Toolkit ini sebagai miniatur IDE (Integrated Development Environment).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s