Pengantar J2ME (2)

Posted: October 7, 2011 in Informatika, Java
Tags: , , ,

Pengantar J2ME: Siklus hidup aplikasi J2ME

AMS (Application Management Software) merupakan lingkungan tempat sebuah MIDlet dapat di install, dijalankan, dihentikan maupun di uninstall. AMS juga kadang disebut dengan nama JAM (Java Application Manager). AMS akan membuat setiap instance baru dari MIDlet dapat mengontrol keadaannya, yaitu dengan cara menjalankan (start), mengistirahatkan (pause) maupun menghentikannya (destroy) secara langsung oleh dirinya sendiri.

Method startApp ()
AMS akan memanggil method atartApp () untuk memerintahkan MIDlet agar memperoleh fokus dan menjadikan MIDlet berada keadaan Active. Untuk memudahkan pemahaman, dapat dikatakan pula bahwa method startApp () itu digunakan untuk mengaktifkan MIDlet. Hal ini dapat terjadi ketika MIDlet baru saja dibuat atau MIDlet yang akan kembali diaktifkan dari keadaan Paused.
Bentuk umum di deklarasikan method startApp () adalah sebagai berikut:
Contoh implementasi method startApp () yang terdapat pada contoh aplikasi HelloMIDlet:
Kode diatas menandakan bahwa pada setiap pemanggukan method startApp (), aplikasi akan membuat sebuah objek TextBox baru dan mengesetnya sebagai layar aktif. Dengan kata lain, setiap aplikasi diaktifkan maka objek yang akan ditampilkan di layar adalah objek TextBox.

Method pauseApp ()
AMS memanggil method pauseApp () untuk memerintahkan MIDlet agar tidak memiliki fokus dan akan menjadikan MIDlet berada dalam keadaan Paused. Dalam keadaan ini, aplikasi tidak dapar memiliki satu pun tampilan UI (user interface). Apabila aplikasi yang kita buat mengandung objek Thread maupun Timer, maka objek-objek tersebut tidak akan dihentikan secara manual melalui penulisan kode. Aplikasi akan kembali berada dalam keadaan Active bila diaktivasi ulang.
Bentuk umum deklarasi method pauseApp () adalah sebagai berikut:

Method destroyApp ()
AMS memanggil method destroyApp () untuk memerintahkan MIDlet agar membuang atau membebaskan semua resource (biasanya berupa file)  yang digunakan sekaligus  menutup atau menghentikan aplikasi sesegera mungkin. Ini berarti bahwa kita harus menutup semua stream yang masih terbuka serta menghentikan semua thread dan timer yang digunakan. Pemanggilan method destroyApp () akan mengakibatkan MIDlet berada dalam keadaan Destroyrd sehingga pada saat tersebut MIDlet sudah tidak dapat lagi melakukan pengaksesan terhadap objek Display.
Bentuk umum deklarasi method destroyApp () adalah sebagai berikut:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s