Resep Bakso Tahu Ala-Ala

Posted: June 15, 2015 in Kuliner
Tags: , ,

Pengen banget tjurhat. wkwkwk

Jadi ceritanya…
Bosen ah kalo di awal kalimat pake kata-kata itu terus. ganti… ganti…

Jadi gini…
Kok malah ikutan kayak di chatgrup ya? gak kreatip gak kreatip

Kemarin lusa, dirumah ada acara reuni teman-temannya ibuk. Kebetulan dikulkas masih menyisakan daging. Lumayan sih. . Karena karena gak ada emilan sama sekali, kepikiran deh buat bikin olahan ala-ala. Jam 7 ada pak sayur lewat aku beli tepung kanji sama tahu. Taulah mau buat apa? Eak…. benul. Bakso tahu ala-ala akuuuuh….

Resepnya nyontek darimana? jelas….. ngarang. Gak ada patokan ataupun lihat punya siapa. Semua murni dari hasil mengira-ngira, memprediksi tanpa harus memakai metode Fuzzy. Oke lupakan, itu bahasan kuliah.

Berbekal bahan yang ada dikulkas, didapur, dipekarangan rumah dan dari tukang sayur, kita mulai acara masak memasak kita. Eh tunggu…. petik cabe, daun bawang sama daun seledri dulu yok….. udah kan ya? yaudah kita mulai.

Pertama, kita siapin alatnya. Apa aja? Tentu saja tang, obeng, alat crimping, tester dan soder😀 salah… salah…. bukan itu. Siapkan baskom ukuran sedang hahaha.

Bahannya:
Tahu 6 biji
Minyak goreng secukupnya

Bumbu:
Daun bawang 2 batang, cincang halus
Daun seledri 3 batang, cincang halus
Bawang putih 3 siung, cincang halus

Isi:
Tepung kanji 200 gram
Tepung terigu 2 sdm
Daging sapi cacah kasar 200 gram
Gula 2 sdt
Garam 1 sdt
Merica bubuk 1 sdt
Air secukupnya

Cara Membuat:
1. Panaskan wajan, beri minyak goreng secukupnya lalu tumis bumbu hingga beraroma wangi.
2. Campur semua bahan isi ke dalam baskom dan tambahkan bumbu tumisan tadi. Aduk hingga rata dan tambahkan air sedikit demi sedikit jangan sampai adonan encer.
3. Iris satu sisi samping tahu, keluarkan isinya dan ganti dengan adonan bahan isi tadi. Lakukan hal yang sama ke semua tahu.
4. Kukus tahu isi tersebut dengan api sedang selama 30 menit.
5. Angkat dan sajikan dingin

Kemarin sih aku makannya sama sambel kacang. Rasanya? beuuuhhh……. biasa aja. Hahaha…. enak banget, sungguh. Gak kalah sama bakso tahu yang dijual di tukang bakso. Kalo udah selesai masak jangan lupa semua peralatannya dicuci ya…. biar gak dimarahin nyonya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s