Kabut Asap di Sumatera (dan Kalimantan)

Posted: October 28, 2015 in Kakikomi
Tags: , , , ,

Sudah lebih dari dua bulan pulau Sumatera (dan Kalimantan) didera kabut asap. Pembakaran hutan ditambah kemarau yang berkepanjangan bisa dikatakan faktor penyebab utama. Selain…. mungkin juga kebakaran hutan secara alami di gunung-gunung (layaknya Gunung Arjuno dan Gunung Semeru di Jawa Timur).

Banyak pihak yang merasa dirugikan dalam bencana ini. Satwa penghuni hutan merupakan pihak utama dan pertama yang merasa dirugikan, karena tentu saja titik api berasal dari habitat mereka. WWF mengabarkan bahwa beberapa bayi orang utan menderita sakit akibat kabut asap. Adapun beberapa spesies terancam kepunahannya akibat kejadian ini, diantaranya badak, orang utan dan anoa.

Tak hanya satwa liar, manusia pun juga mengalami kerugian dalam hal ini. gangguan kesehatan, hak untuk bernafas bebas terenggut, beberapa bahkan hingga meninggal dunia. Tak heran jika banyak yang mengecam aksi pembakaran hutan ini.

Beberapa pihak ada yang menyalahkan pemerintah akibat ketidak tegasannya dalam menghadapi para pembakar hutan dan pembuka lahan. Namun perlu kita ketahui juga bahwasanya pemerintah tak diam saja. Mereka juga berpikir dan bertindak untuk mengatasi, sekalipun hasilnya tak seperti yang kita bayangkan.

Memang, bisa dikatakan penanganannya termasuk terlambat. Tapi bukankah itu lebih baik dibandingkan dengan tanpa penanganan sama sekali? Saya pribadi merasa berterima kasih kepada tim yang telah membantu aksi pemadaman kebakaran. Yah, apa mau dikata… bukankah lebih baik jika kita berbaik sangka, berusaha berterima kasih dan berdoa daripada terus menerus mengeluh? toh keluhan gak akan membantu menghentikan bencana ini.

Semoga Allah mendengar doa kita semua, memudahkan setiap urusan kita, senantiasa memberikan kesehatan kepada kita semua dan sesegera mungkin kita terbebas dari kabut asap. Bukankah ujian dariNya tak akan melebihi kemampuan kita?😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s